Registrasi Mahasiswa

Setelah melalui proses yang studi yang cukup panjang, siswa/siswi sekolah menengah atas akan menghadapi tantangan selanjutnya yaitu studi di bangku kuliah. Ujian Nasional yang telah mereka lewati akan menghantarkan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk memasuki perguruan tinggi yang mereka inginkan perlu ada perjuangan yang lebih keras. Mereka harus melewati proses seleksi dengan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Ujian masuk perguruan tinggi memang menjadi tantangan tersendiri bagi calon pendaftar. Apalagi jika mereka memilih perguruan tinggi favorit, tentunya saingan yang harus mereka kalahkan akan lebih banyak jumlahnya. Karena itu banyak dari mereka yang akhirnya memilih untuk menjalani program bimbingan belajar. Di samping itu, mereka harus memantau tanggal yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru.

Informasi perguruan tinggi yang dapat diakses secara online tentunya akan sangat membantu calon pendaftar untuk mengumpulkan informasi. eCampuz yang merupakan versi cloud dari Gamatechno Campus Suite ini dapat mewujudkan sistem informasi yang dapat diakses secara online oleh calon pendaftar. Fitur yang ada didalamnya akan memudahkan calon mahasiswa/mahasiswa untuk memperoleh informasi perguruan tinggi dimanapun dan kapanpun.

Calon pendaftar yang tertarik mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dapat mendaftarkan diri dalam fitur Admisi. Fitur ini akan membantu calon pendaftar untuk melakukan pendaftaran secara online dan mengelola data calon pendaftar. Data ini kemudian akan terintegrasi dengan ketiga fitur lainnya yaitu Pembayaran, Registrasi, dan Akademik.

Setelah melakukan pendaftaran dalam fitur Admisi, pendaftar akan diarahkan untuk melakukan pembayaran ujian masuk dalam fitur Pembayaran. Pembayaran ini dapat dilakukan secara online melalui bank yang telah ditunjuk oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

Seleksi yang dilakukan dengan ujian masuk akan menjaring mahasiswa yang berkualitas dan sesuai dengan standar perguruan tinggi. Pendaftar yang lolos ujian masuk akan melakukan registrasi dan her-registrasi melalui fitur Registrasi. Registrasi mahasiswa masih menjadi isu permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi setiap tahunnya, karena berkaitan dengan data baru dan pembayaran mahasiswa dengan kuantitas besar.  Fitur Registrasi ini mempermudah mengelola proses registrasi dan her-registrasi serta pembayaran per semester untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

gtRegistrasi

Fitur Registrasi mengatur semua referensi umum dan akademik yang akan digunakan untuk integrasi utama keseluruhan sistem. Berkaitan dengan laporan mengenai data mahasiswa, Registrasi akan mengakomodasi kebutuhan laporan yang diinginkan oleh perguruan tinggi. Laporan ini dapat berupa laporan rekap maupun laporan detail registrasi dan herregistrasi mahasiswa. Laporan ini kemudian akan terintegrasi dengan pembayaran mahasiswa. Fitur ini dilengkapi dengan pengaturan model pembayaran dan tarif yang fleksibel dan mudah. Selain itu, fitur Registrasi juga menyediakan pembuatan NIM dan pencetakan KTM secara otomatis yang disesuaikan dengan format perguruan tinggi.

Kegiatan yang disokong oleh fitur ini adalah Integrasi Biodata Mahasiswa, Administrasi Akademik, Biodata Mahasiswa Baru, NIM Generator, Cetak Berkas (Biodata, Surat Pernyataan, Tanda Terima, KTM, dll), Verifikasi Data, Perubahan Data Mahasiswa, Reports/Laporan. (lia)