Disamping pengelolaan registrasi di kampus yang kabarnya cukup rumit, ujian masuk perguruan tinggi juga menjadi tantangan tersendiri bagi calon pendaftar. Apalagi jika mereka memilih perguruan tinggi favorit, tentunya saingan yang harus mereka kalahkan akan lebih banyak jumlahnya. Karena itu banyak dari mereka yang akhirnya memilih untuk menjalani program bimbingan belajar. Di samping itu, mereka harus memantau tanggal yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru.

Informasi perguruan tinggi yang dapat diakses secara online tentunya akan sangat membantu calon pendaftar untuk mengumpulkan informasi. eCampuz Cloud yang merupakan versi berlangganan dari eCampuz Suite dapat mewujudkan sistem informasi untuk dapat diakses secara online oleh calon pendaftar. Fitur yang ada didalamnya akan memudahkan calon mahasiswa atau mahasiswa untuk memperoleh informasi perguruan tinggi dimanapun dan kapanpun. Calon pendaftar yang tertarik mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dapat mendaftarkan diri dalam modul eAdmisi. Modul ini akan membantu calon pendaftar untuk melakukan pendaftaran secara online dan mengelola data calon pendaftar. Data ini kemudian akan terintegrasi dengan ketiga modul lainnya yaitu ePembayaran, eRegistrasi, dan eAkademik.

Setelah melakukan pendaftaran dalam Modul eAdmisi, pendaftar akan diarahkan untuk melakukan pembayaran ujian masuk dalam Modul ePembayaran. Pembayaran ini dapat dilakukan secara online melalui bank yang telah ditunjuk oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Seleksi yang dilakukan dengan ujian masuk akan menjaring mahasiswa yang berkualitas dan sesuai dengan standar perguruan tinggi. Pendaftar yang lolos ujian masuk akan melakukan registrasi dan heregistrasi melalui Modul eRegistrasi. Pengelolaan registrasi mahasiswa masih menjadi isu permasalahan yang dihadapi perguruan tinggi setiap tahunnya, karena berkaitan dengan data baru dan pembayaran mahasiswa dengan kuantitas besar. Pengelolaan registrasi dan heregistrasi mahasiswa menjadi lebih mudah dengan Modul eRegistrasi, termasuk pula pengelolaan data pembayaran per semester untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

gtRegistrasi

Modul eRegistrasi mengatur semua referensi umum dan akademik yang akan digunakan untuk integrasi utama keseluruhan sistem. Berkaitan dengan laporan mengenai data mahasiswa, eRegistrasi akan mengakomodasi kebutuhan laporan yang diinginkan oleh perguruan tinggi. Laporan ini dapat berupa laporan rekapitulasi maupun laporan detail pengelolaan registrasi dan heregistrasi mahasiswa. Laporan ini kemudian akan terintegrasi dengan pembayaran mahasiswa. Modul ini dilengkapi dengan pengaturan model pembayaran dan tarif yang fleksibel dan mudah. Selain itu, Modul eRegistrasi juga menyediakan pembuatan NIM dan pencetakan KTM secara otomatis yang disesuaikan dengan format perguruan tinggi.

Kegiatan yang disokong oleh modul ini adalah Integrasi Biodata Mahasiswa, Administrasi Akademik, Biodata Mahasiswa Baru, NIM Generator, Cetak Berkas (Biodata, Surat Pernyataan, Tanda Terima, KTM, dan lainnya), Verifikasi Data, Perubahan Data Mahasiswa, Reports atau Laporan-laporan. Demikian proses singkat yang dapat kami ceritakan menyangkut pengelolaan registrasi dan heregistrasi mahasiswa di perguruan tinggi. Selanjutnya, akan dibahas pula mengenai Uang Kuliah Tunggal dan Mata Kuliah.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan besaran uang yang dibebankan kepada mahasiswa untuk keperluan biaya perkuliahan berdasarkan golongan dan telah melalui proses seleksi oleh pihak kampus. Secara umum, parameter yang ada pada PTN dalam pembayaran adalah program studi, angkatan studi, dan uang kuliah tunggal. Pengelompokan  besaran UKT tergantung pada kebijakan kampus yang biasanya disusun saat rapat pleno.

eCampuz UKT Uang Kuliah Tunggal ePembayaran

Uang Kuliah Tunggal adalah biaya kuliah yang ditanggung oleh setiap mahasiswa dan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan. UKT dibagi ke dalam beberapa kelompok, mulai dari yang terendah hingga tertinggi (UKT 1 sampai dengan UKT 5). Setiap mahasiswa akan terdaftar pada kelompok Uang Kuliah Tunggal sesuai dengan kemampuan ekonomi. Sehingga nominal pembayaran antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya berbeda. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam Sistem Informasi Akademik eCampuz

Ketika menempuh perkuliahan tentunya semua mahasiswa harus mengambil mata kuliah (makul) tentu. Menuntaskan makul tersebut menjadi salah satu syarat sebelum mengambil skripsi, praktek kerja lapang maupun tugas akhir. Itulah sebabnya, pihak akademik akan menyesuaikan makul sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Untuk membantu hal tersebut, eCampuz memiliki Aplikasi eAkademik yang bisa jadi solusi permasalahan prasyarat dan kesetaraan makul. Lalu, apa sebenarnya prasyarat dan kesetaraan tersebut? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Apasih Maksud Prasyarat dan Kesetaraan Mata Kuliah?