Cloud  computing merupakan salah satu teknologi yang populer di dunia digital saat ini. Teknologi ini kemudian diadaptasi oleh Gamatechno untuk mengembangkan produk Gamatechno Campus Suite berbasis cloud yang dinamakan eCampuz. Untuk yang versi cloud ini dirasa lebih efektif karena tidak perlu perangkat personal sehingga membuatnya lebih hemat biaya.

Apakah perbedaan teknologi akan mengurangi fasilitas yang ada dalam eCampuz? Jangan khawatir karena jawabannya adalah TIDAK. eCampuz memiliki semua modul utama yang ada dalam Gamatechno Campus Suite yaitu Admisi, Pembayaran, Registrasi dan Akademik. Keempat modul ini akan menunjang kegiatan pendaftaran calon mahasiswa, pembayaran, her-registrasi, dan fasilitas cek nilai bagi mahasiswa melalui portal akademik serta menyediakan kebutuhan mahasiswa seperti pencetakan KTM atau KRS.

Semua data yang masuk ke dalam cloud  akan langsung masuk dalam pusat data yang di kelola oleh eCampuz. Data yang masuk akan otomatis terintegrasi dengan sistem yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi yang bersangkutan. Perguruan tinggi juga berperan untuk melakukan monitoring terhadap proses integrasi data yang ada dalam eCampuz. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa dan kesesuaian eCampuz dengan kebutuhan perguruan tinggi.

Hal yang perlu menjadi perhatian perguruan tinggi dalam aplikasi eCampuz antara lain :

1. Persiapan

Preparation

Perguruan tinggi perlu melakukan persiapan yaitu menambah pengetahuan mengenai cloud  computing. Penerapan teknologi baru dalam perguruan tinggi tentunya harus di dasari oleh pengetahuan dan pemahaman yang baik. Hal ini akan menunjang proses penerapan sehingga hasilnya maksimal.

Persiapan yang kedua adalah koneksi internet yang memadai. Cloud  computing merupakan teknologi integrasi data yang berbasis internet karena itu, proses pengoperasian eCampuz sepenuhnya bergantung pada koneksi internet. Semakin baik koneksi internet yang dimiliki perguruan tinggi maka semakin cepat proses integrasi data yang dapat berjalan.

Persiapan yang ketiga adalah menyerahkan logo kampus dalam bentuk soft file. Logo tersebut adalah desain tampilan eCampuz yang sesuai dengan warna identitas dan kebutuhan perguruan tinggi.

2. Instalasi

Progress

Proses setup eCampuz biasanya memakan waktu satu minggu yang meliputi proses instalasi dan penyesuaian tema aplikasi. Tema aplikasi ini meliputi label identitas perguruan tinggi, logo, dan warna. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan aplikasi agar sesuai dengan identitas perguruan tinggi.

3. Operasional
Training

Proses pengoperasian akan dilakukan oleh pihak eCampuz. Perguruan tinggi hanya perlu melakukan monitoring untuk memastikan eCampuz berjalan sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi.

Untuk menunjang pengoperasian aplikasi ini, eCampuz memiliki layanan tambahan berupa Technical Assistance yang siap setiap saat untuk melakukan perbaikan maupun pemeriksaan bagi software yang digunakan. Layanan tambahan ini dapat dihubungi setiap saat jika ada kendala dalam penggunaan software eCampuz. Selain itu, software yang ada dalam layanan ini selalu mengalami pembaruan dan kemajuan. Karenanya tiap beberapa waktu diperlukan adanya upgrade untuk menyempurnakan sistem sebelumnya. Untuk menunjang perkembangan sistem dan kenyamanan klien maka eCampuz memberikan layanan upgrade secara gratis. Dengan ini klien dapat menikmati sistem yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan klien.

Untuk keamanan data, PT Gamatechno memberikan jaminan keamanan bagi semua data yang beredar dan tersimpan dalam sistem ini. eCampuz menggunakan sistem back-up data yang menerapkan DRC (Disaster Recovery Center) yaitu proses back-up yang terjadwal untuk menjamin data-data penting anda tetap aman, walaupun disaat terjadi gangguan hardware. Saat terjadi gangguan, klien dapat langsung menghubungi Technical Assistance yang selalu siap membantu. Di sisi lain anda tidak perlu khawatir dengan keadaan data-data anda karena ada sistem data back-up yang memastikan data anda tersalin dengan sempurna.

4. Training

Trainer

Untuk melakukan maintain yang tepat bagi sistem yang telah diterapkan di perguruan tinggi tentunya membutuhkan SDM yang handal. Karenanya eCampuz menyediakan jasa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang IT dengan sistem Training. Dengan pengetahuan dan kemampuan penanganan yang baik maka perguruan tinggi dapat lebih baik dalam melakukan maintain sistem dan infrastruktur IT. (lia)