Berlangganan eCampuz Cloud? Seperti diketahui eCampuz Cloud merupakan salah satu layanan sistem informasi yang dimiliki oleh PT Solusi Kampus Indonesia. Produk yang dikhususkan untuk menunjang sistem di bidang pendidikan ini memiliki beberapa kelebihan yang dapat menguntungkan perguruan tinggi dalam implementasinya. Aplikasi berlangganan eCampuz Cloud ini dapat dinikmati secara kontinyu dengan periode sewa minimal satu siklus pembelajaran perguruan tinggi. Dalam periode sewa tersebut perguruan tinggi mendapatkan integrasi data secara maksimal untuk mempermudah pihak mahasiswa maupun kampus. Mahasiswa mendapat kemudahan akses data dan perguruan tinggi dapat melakukan monitoring terhadap sistem dan data tersedia.

Selain mengurangi biaya pemasangan perangkat komputer, berlangganan eCampuz Cloud akan memberikan keuntungan lain seperti mempermudah pendaftaran calon mahasiswa baru dari seluruh Indonesia. eCampuz Cloud memiliki Aplikaso eAdmisi yang merupakan portal untuk pendaftaran online Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Aplikasi ini mendukung integrasi pembelian formulir online dengan Bank Mitra Perguruan Tinggi. Bayangkan jika perguruan tinggi yang ingin dituju belum memiliki pendaftaran secara online dan calon mahasiswa berada berada di luar kota maupun di luar pulau. Dengan jarak jauh proses ini tentunya akan memakan biaya cukup besar untuk datang dan mendaftar ke kampus. Namun dengan adanya aplikasi dari eCampuz, calon mahasiswa baru cukup mendaftar melalui website milik perguruan tinggi. Baca juga: Asiknya PMB Online Pakai eCampuz

 

Aplikasi ePembayaran dalam eCampuz Cloud juga dapat diintegrasikan dengan sistem bank mitra perguruan tinggi. Hal ini untuk mempermudah proses pembayaran mahasiswa kepada pihak perguruan tinggi. ePembayaran berfungsi untuk mengelola pembayaran mahasiswa beserta laporan-laporannya. Berbagai rupa pembayaran yang diakomodir oleh aplikasi adalah pembayaran uang gedung, pembayaran SPP tetap dan pembayaran SPP variabel. Seluruh pembayaran dapat dilakukan secara online. Hal ini jelas memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan mengambil uang dalam jumlah besar secara tunai untuk dibawa dan disetor ke perguruan tinggi. Dengan sistem transfer tentunya orang tua bisa melakukan kontrol untuk pembayaran biaya perkuliahan.

Integrasi bank mitra merupakan topik yang selalu menarik untuk dibahas bersama klien-klien baru eCampuz. Begitu juga dalam artikel Integrasi Bank Mitra Saat Proses PMB, Registrasi, dan Heregistrasi Kampus , bersama narasumber salah satu Tim eCampuz, Pak Urip akan menjelaskan mengenai integrasi bank mitra saat proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), registrasi dan herregistrasi kampus. Beliau akan membantu pengguna aplikasi eCampuz agar lebih memahami proses pengelolaan pembayaran kampus yang disediakan oleh aplikasi dan telah terintegrasi dengan sistem informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Online SIMPONI milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serta seluruh bank nasional di Indonesia. Setidaknya terdapat beberapa pertanyaan yang dapat menjawab persoalan-persoalan terkait proses eAdmisi hingga alur pembayaran registrasi saat proses PMB.

Integrasi Bank

Setelah melakukan registrasi dan pembayaran, biasanya calon mahasiswa akan melakukan heregistrasi atau proses daftar ulang. Kegiatan ini difasilitasi dengan adanya aplikasi ketiga, yaitu eRegistrasi. Aplikasi eRegistrasi berfungsi untuk mengelola data registrasi dan heregistrasi mahasiswa, mendukung integrasi status bayar dan status registrasi online dari Aplikasi ePembayaran. Dengan aplikasi ini calon mahasiswa dan orang tua dapat melakukan cek ulang mengenai status pembayaran dan status registrasi yang telah dilakukan.

Setelah calon mahasiswa melakukan pembayaran dan heregistrasi, perguruan tinggi dengan bantuan eCampuz akan memberikan NIM beserta Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Mahasiswa juga akan mendapatkan fasilitas Aplikasi eAkademik. Aplikasi keempat ini berfungsi untuk pengelolaan data dan administrasi akademik. eAkademik dapat diakses oleh mahasiswa aktif dan dosen. Isinya berupa informasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik di perguruan tinggi seperti nilai, informasi ujian, maupun kegiatan pembelajaran lainnya.

Apa saja yang Tim eCampuz lakukan secara bertahap, ketika akan melakukan setup berlangganan eCampuz Cloud? Semoga rasa penasaran Bapak Ibu terpuaskan, melalui tahapan demi tahapan yang kami ceritakan dalam artikel Ini Yang Kami Lakukan Saat Setup Aplikasi eCampuz Cloud. Dikarenakan satu dan lain hal, Pelanggan dapat saja meminta berhenti berlangganan eCampuz Cloud, dan kami sepenuhnya mengerti. Pemberitahuan mengenai ini dapat disampaikan beberapa waktu sebelum masa berlangganan berakhir, atau bahkan di tengah-tengah masa kontrak sekalipun, dengan tentu saja penyelesaian kewajiban pembayaran biaya berlangganan sampai pada bulan terakhir keaktifan eCampuznya nanti. Hal ini dapat disimak dalam artikel Cara Berhenti Langganan eCampuz

5 Keuntungan Berlangganan eCampuz Cloud