eCampuz, sistem informasi akademik lebih efisien

eCampuz merupakan salah satu layanan jasa cloud yang dimiliki oleh PT Gamatechno Indonesia. Produk yang dikhususkan untuk menunjang sistem di bidang pendidikan ini memiliki beberapa kelebihan yang dapat menguntungkan perguruan tinggi yang bersangkutan. Program yang dapat dinikmati secara berlangganan ini memiliki batas waktu berlangganan selama 6 bulan. Untuk 6 bulan masa berlangganan ini perguruan tinggi mendapatkan integrasi data yang maksimal untuk mempermudah pihak mahasiswa maupun perguruan tinggi itu sendiri. Mahasiswa mendapat kemudahan akses data dan perguruan tinggi tinggal melakukan monitor terhadap sistem maupun data yang ada dalam cloud.

Selain mengurangi biaya pemasangan perangkat komputer, berlangganan eCampuz akan memberikan keuntungan lain seperti mempermudah pendaftaran calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. eCampuz memiliki modul Admisi yang merupakan portal untuk pendaftaran online Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Portal ini mendukung integrasi pembelian formulir online dengan Bank Mitra Perguruan Tinggi. Bayangkan jika perguruan tinggi yang ingin anda tuju belum memiliki pendaftaran secara online dan anda berada di luar kota maupun di luar pulau. Dengan jarak yang jauh tentunya anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk datang dan mendaftar secara langsung. Namun dengan adanya eCampuz, anda cukup mendaftar melalui situs yang telah dipersiapkan oleh perguruan tinggi dan dapat mengikuti ujian masuk seperti yang anda inginkan.

eCampuz juga berintegrasi dengan sistem perbankan yang akan memudahkan proses pembayaran. Kelebihan ini tentunya menunjang modul kedua yang diberikan oleh layanan ini yaitu Pembayaran. Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola pembayaran mahasiswa beserta laporan-laporannya. Pembayaran ini meliputi pembayaran uang gedung, pembayaran SPP tetap dan pembayaran SPP variabel. Dengan ini semua pembayaran dapat dilakukan secara online. Hal ini jelas memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengambil uang dalam jumlah besar secara tunai untuk dibawa dan disetor ke perguruan tinggi. Dengan sistem transfer tentunya orang tua bisa melakukan kontrol untuk biaya sekolah yang harus dibayarkan.

Setelah melakukan registrasi dan pembayaran biasanya calon mahasiswa akan melakukan heregistrasi atau yang biasa disebut dengan pendaftaran ulang. Kegiatan ini difasilitasi dengan adanya modul ketiga yang ada dalam layanan ini yaitu Registrasi. Aplikasi ini berfungsi untuk pengelolaan data registrasi dan heregistrasi mahasiswa, support integrasi status bayar dan status registrasi online dari aplikasi gtFinansi Pembayaran. Dengan aplikasi ini calon mahasiswa dan orang tua dapat melakukan cek ulang mengenai status pembayaran dan status registrasi yang telah dilakukan.

Setelah anda, calon mahasiswa melakukan pembayaran dan heregistrasi, perguruan tinggi dengan bantuan eCampuz akan memberikan anda NIM dan smartcard yang dapat anda gunakan sebagai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Perpustakaan, Parkir, Presensi, Akses Ruangan, dan ATM. Kartu pintar ini tentunya memudahkan mahasiswa untuk dapat mengakses kampus dengan satu kartu saja. Seiring berjalannya kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi, mahasiswa akan mendapatkan fasilitas berupa aplikasi Akademik. Aplikasi ini berfungsi untuk pengelolaan data dan administrasi akademik. Aplikasi ini dapat diakses oleh calon mahasiswa, mahasiswa aktif maupun alumni. Isinya berupa informasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik yang ada di perguruan tinggi seperti nilai, informasi ujian, maupun kegiatan alumni.